Rabu, 06 Juni 2012

Transmisi manual


Transmisi manual 

 adalah sistem transmisi otomotif yang memerlukan pengemudi sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor atau menginjak kopling seperti pada mobil dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai di dalam kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 gigi percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi mundur (R). Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan kendaraan pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan gigi percepatan.

synchromesh adalah perlengkapan transmisi yang berfungsi untuk menyamakan putaran antar gigi yang akan di-sambung sehingga perpindahan gigi percepatan dapat dilakukan secara mulus. Cara kerjanya saat handel transmisi pada posisi netral, maka synchromesh berada di tengah tidak berpengaruh atau dipengaruhi oleh kedua roda gigi yang ada disampingnya.

[sunting] Susunan gigi percepatan

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/b/bb/Shift_stick.jpg/250px-Shift_stick.jpg

http://bits.wikimedia.org/skins-1.19/common/images/magnify-clip.png

Tuas transmisi pada 5 kecepatan pada Mazda Protege.

Susunan/layout gigi percepatan transmisi manual tergantung kepada ciri yang biasa digunakan disuatu kawasan, mobil keluaran Asia agak berbeda dengan Eropa, khususnya pada penempatan gigi mundur(R). Penempatan tuas transmisi yang banyak digunakan adalah di lantai tetapi beberapa mobil modern menggunakan tuas transmisi di dashboard ataupun mobil lama yang ditempatkan di setang setir.

[sunting] Tuas transmisi lantai

Pola
Penjelasan
Manual Layout.svg
Ini adalah susunan 5 gigi kecepatan yang lazim digunakan pada mobil modern ditambah dengan satu gigi mundur yang ditandai dengan R. Penempatan gigi mundur (R) krucial karena bisa salah memasukkan dapat mengganggu jalannya kendaraan, karena kalau dari gigi 5 salah pindah ke mundur bisa berakibat fatal.
Manual Dogleg.svg
Susunan ini adalah susunan 5 gigi kecepatan yang lazim digunakan pada bus ringan ditambah dengan satu gigi mundur yang ditandai dengan R. Gigi 1 biasanya jarang dipakai, dipakai pada saat mendaki di tanjakan terjal.

wakwkakwkawkkakwkaw :D KODIR

[sunting] Tuas transmisi di setir

http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/e/eb/SAAB96-interior.jpg/250px-SAAB96-interior.jpg

http://bits.wikimedia.org/skins-1.19/common/images/magnify-clip.png

Tuas transmisi pada Setir Saab96

Pola
Penjelasan
Manual Layout 3.svg
Layout mobil dengan 3 gigi maju yang merupakan susunan gigi percepatan mobil-mobil Amerika keluaran tahun 1930an sampai dengan tahun 1950an yang pada waktu itu dijuluki "three on the three"
Column4MT.svg
Merupakan layout yang dikembangkan sesudah itu, yang juga dikembangkan oleh mobil-mobil keluaran Eropa dan Jepang. Sampai saat ini masih digunakan pada beberapa mobil niaga seperti Mitsubishi L 300.

[sunting] Tuas transmisi sepeda motor









http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/86/2003_SV650S_Gearshift.jpg/250px-2003_SV650S_Gearshift.jpg

http://bits.wikimedia.org/skins-1.19/common/images/magnify-clip.png

Tuas gigi percepatan Suzuki SV650S.

Corak penukaran gigi percepatan sepeda motor yang lazim digunakan :

            6
         5 ┘
      4 ┘
    3 ┘
  2 ┘
N
1

Tuas pengungkit gigi percepatan diinjak dengan kaki kiri untuk masuk ke gigi 1 dan diungkit keatas untuk masuk ke gigi 2, 3, dan seterusnya. Bila ingin menurunkan kecepatan, maka tuas pengungkit gigi percepatan diinjak kebawah dari 5 ke 4 ke 3 dan seterusnya.





TRANSMISI SYNCRONMESH

Diposkan oleh Mudhy

Sering kita mendengar tentang transmisi syncronmesh yang diaplikasikan pada gearbox mobil, tapi apakah syncronmesh itu?

Topik untuk kali ini adalah fungsi syncromesh pada transmisi. Synchromesh digunakan pada transmisi untuk mobil, jadi artikel ini khususnya hanya membahas transmisi mobil saja. Sejauh pengetahuan saya belum ada sepeda motor yang menggunakan synchromesh pada transmisi dengan alasan keterbatasan tempat, karna transmisi syncronmesh memerlukan lebih banyak komponen dibanding model sliding gear yang banyak dipakai untuk sepeda motor. Sebelum mengetahui fungsi synchromesh , maka pertama kali kita harus mengenal dulu synchromesh.Untuk perhatikan gambar di bawah ini !
http://3.bp.blogspot.com/_F-YPK3d8jvE/TTOnmN5VprI/AAAAAAAAAO0/wX5CNI790FU/s320/syncromesh.jpeg

Inilah gambar dari synchromesh , bentuknya menyerupai cincin yang terbuat dari bahan kuningan . Synchromesh ini dibuat dari bahan yang lebih lunak dari komponen – komponen transmisi lainnya , sehingga komponen ini dibuat lebih mudah rusak agar tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya. Tujuan pembuatan synchromesh dari kuningan adalah karena harga synchromesh yang jauh lebih murah dibandingkan dengan komponen – komponen transmisi yang lainnya. Sehingga jika terjadi kerusakan atau keausan , maka synchromesh akan lebih mudah rusak dan aus , sehingga pergantian komponennya tidak terlalu mahal.

Synchromesh dipasangkan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi. Jumlah synchromesh tergantung pada jumlah gigi – gigi pada tranmsisi , atau tergantung pada jumlah tingkat percepatannya. Jika transmisi itu memiliki 4 percepatan dan 1 gigi mundur , maka jumlah synchromesh nya adalah 4 buah. Jika transmisi itu memiliki 5 percepatan dan 1 gigi mundur , maka jumlah synchromesh nya ada 5 buah , karena biasanya untuk gigi mundur menggunakan sistem sliding gear yang lumrah dipakai pada sepeda motor.
http://2.bp.blogspot.com/_F-YPK3d8jvE/TTOoDwBVeEI/AAAAAAAAAO8/ye6UGsvMxSI/s320/syncromesh%2B2.jpeg

Fungsi synchromesh adalah untuk memperhalus perpindahan gigi pada transmisi . Cara kerjanya adalah saat pengemudi menggeser tuas transmisi dan memindahkan percepatan mobil nya. Maka tuas transmisi itu akan menggerakkan shift fork pada transmisi , yang akan diteruskan untuk menggerakan clutch hub untuk bergerak ke posisi gigi yang dituju. Misalkan perpindahan gigi ke gigi satu , maka clutch hub akan bergerak menuju gigi 1. Pada saat mesin dihidupkan , maka poros dalam tranmsi dan gigi – gigi dalam transmisi sedang berputar. Dan ketika perpindahan gigi , maka pedal kopling akan diinjak , sehingga putaran dari mesin ke transmisi diputus . Hal ini akan membuat terjadi perbedaan putaran pada komponen – komponen dalam transmisi. Untuk itulah maka synchromesh digunakan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi , yang berguna untuk menyamakan putaran antara clutch hub dan gigi yang dituju. Sehingga perpindahan gigi atau perpindahan percepatan dapat menjadi halus dan tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya.



















)

Komponen utama dari tramisi manual adalahsebagai berikut :

a)

Transmission input shaft 

atau



Poros input transmisi, yaitu komponen yangmenerima moment output dari unit kopling.

 b)

Transmission gear 

atau rodagigi transmisi, yaitu Untuk mengubah input darimesin menjadi output gaya torsi yang meninggalkantransmisi sesuai dengan kebutuhan kendaraan.

c)

Synchroniser/synchro-mesh

atau



Gigi penyesuai, adalah perlengkapan yangmemungkinkan pemindahan kecepatan pada kondisiputaran yang tinggi.

d)

Gear shift lever 

atau



 Tuaspemindah presnelling

 

dan

Shift fork 

atau



Garpupemindah adalah komponen yang berfungsi untukmengoperasikan transmisi oleh pengemudi.

e)

Output shaft 

atau



Porosoutput adalah untuk menyalur-kan moment atautenaga yang sudah diolah melalui proses reduksi kekomponen sistem pemindah tenaga selanjutny






























Tidak ada komentar:

Posting Komentar