Transmisi manual
adalah sistem transmisi otomotif
yang memerlukan pengemudi
sendiri untuk menekan/menarik seperti pada sepeda motor
atau menginjak kopling
seperti pada mobil
dan menukar gigi percepatan secara manual. Gigi percepatan dirangkai di dalam
kotak gigi/gerbox untuk beberapa kecepatan, biasanya berkisar antara 3 gigi
percepatan maju sampai dengan 6 gigi percepatan maju ditambah dengan 1 gigi
mundur (R). Gigi percepatan yang digunakan tergantung kepada kecepatan
kendaraan
pada kecepatan rendah atau menanjak digunakan gigi percepatan 1 dan seterusnya
kalau kecepatan semakin tinggi, demikian pula sebaliknya kalau mengurangi
kecepatan gigi percepatan diturunkan, pengereman dapat dibantu dengan penurunan
gigi percepatan.
synchromesh adalah perlengkapan
transmisi yang berfungsi untuk menyamakan putaran antar gigi yang akan
di-sambung sehingga perpindahan gigi percepatan dapat dilakukan secara mulus.
Cara kerjanya saat handel transmisi pada posisi netral, maka synchromesh berada
di tengah tidak berpengaruh atau dipengaruhi oleh kedua roda gigi yang ada
disampingnya.
[sunting] Susunan gigi percepatan
Tuas transmisi pada 5 kecepatan pada
Mazda Protege.
Susunan/layout gigi percepatan
transmisi manual tergantung kepada ciri yang biasa digunakan disuatu kawasan,
mobil keluaran Asia agak berbeda dengan Eropa, khususnya pada penempatan gigi mundur(R). Penempatan tuas
transmisi yang banyak digunakan adalah di lantai tetapi beberapa mobil modern
menggunakan tuas transmisi di dashboard ataupun mobil lama yang ditempatkan di
setang setir.
[sunting] Tuas transmisi lantai
Pola
|
Penjelasan
|
Ini adalah susunan 5 gigi
kecepatan yang lazim digunakan pada mobil modern ditambah dengan satu gigi
mundur yang ditandai dengan R. Penempatan gigi mundur (R) krucial karena bisa
salah memasukkan dapat mengganggu jalannya kendaraan, karena kalau dari gigi
5 salah pindah ke mundur bisa berakibat fatal.
|
|
Susunan ini adalah susunan 5 gigi
kecepatan yang lazim digunakan pada bus ringan ditambah dengan satu gigi
mundur yang ditandai dengan R. Gigi 1 biasanya jarang dipakai, dipakai pada
saat mendaki di tanjakan terjal.
|
wakwkakwkawkkakwkaw :D KODIR
[sunting] Tuas transmisi di setir
Tuas transmisi pada Setir Saab96
Pola
|
Penjelasan
|
Layout mobil dengan 3 gigi maju
yang merupakan susunan gigi percepatan mobil-mobil Amerika keluaran tahun
1930an sampai dengan tahun 1950an yang pada waktu itu dijuluki "three on
the three"
|
|
Merupakan layout yang dikembangkan
sesudah itu, yang juga dikembangkan oleh mobil-mobil keluaran Eropa
dan Jepang. Sampai saat ini masih digunakan
pada beberapa mobil niaga seperti Mitsubishi L 300.
|
[sunting] Tuas transmisi sepeda motor
Tuas gigi percepatan Suzuki
SV650S.
Corak penukaran gigi percepatan
sepeda motor yang lazim digunakan :
6
5 ┘
4 ┘
3 ┘
2 ┘
N
1
5 ┘
4 ┘
3 ┘
2 ┘
N
1
Tuas pengungkit gigi percepatan
diinjak dengan kaki kiri untuk masuk ke gigi 1 dan diungkit keatas untuk masuk
ke gigi 2, 3, dan seterusnya. Bila ingin menurunkan kecepatan, maka tuas
pengungkit gigi percepatan diinjak kebawah dari 5 ke 4 ke 3 dan seterusnya.
TRANSMISI
SYNCRONMESH
Diposkan oleh Mudhy
Sering kita mendengar tentang
transmisi syncronmesh yang diaplikasikan pada gearbox mobil, tapi apakah
syncronmesh itu?
Topik untuk kali ini adalah fungsi syncromesh pada transmisi. Synchromesh digunakan pada transmisi untuk mobil, jadi artikel ini khususnya hanya membahas transmisi mobil saja. Sejauh pengetahuan saya belum ada sepeda motor yang menggunakan synchromesh pada transmisi dengan alasan keterbatasan tempat, karna transmisi syncronmesh memerlukan lebih banyak komponen dibanding model sliding gear yang banyak dipakai untuk sepeda motor. Sebelum mengetahui fungsi synchromesh , maka pertama kali kita harus mengenal dulu synchromesh.Untuk perhatikan gambar di bawah ini !
Inilah gambar dari synchromesh , bentuknya menyerupai cincin yang terbuat dari bahan kuningan . Synchromesh ini dibuat dari bahan yang lebih lunak dari komponen – komponen transmisi lainnya , sehingga komponen ini dibuat lebih mudah rusak agar tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya. Tujuan pembuatan synchromesh dari kuningan adalah karena harga synchromesh yang jauh lebih murah dibandingkan dengan komponen – komponen transmisi yang lainnya. Sehingga jika terjadi kerusakan atau keausan , maka synchromesh akan lebih mudah rusak dan aus , sehingga pergantian komponennya tidak terlalu mahal.
Synchromesh dipasangkan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi. Jumlah synchromesh tergantung pada jumlah gigi – gigi pada tranmsisi , atau tergantung pada jumlah tingkat percepatannya. Jika transmisi itu memiliki 4 percepatan dan 1 gigi mundur , maka jumlah synchromesh nya adalah 4 buah. Jika transmisi itu memiliki 5 percepatan dan 1 gigi mundur , maka jumlah synchromesh nya ada 5 buah , karena biasanya untuk gigi mundur menggunakan sistem sliding gear yang lumrah dipakai pada sepeda motor.
Fungsi synchromesh adalah untuk memperhalus perpindahan gigi pada transmisi . Cara kerjanya adalah saat pengemudi menggeser tuas transmisi dan memindahkan percepatan mobil nya. Maka tuas transmisi itu akan menggerakkan shift fork pada transmisi , yang akan diteruskan untuk menggerakan clutch hub untuk bergerak ke posisi gigi yang dituju. Misalkan perpindahan gigi ke gigi satu , maka clutch hub akan bergerak menuju gigi 1. Pada saat mesin dihidupkan , maka poros dalam tranmsi dan gigi – gigi dalam transmisi sedang berputar. Dan ketika perpindahan gigi , maka pedal kopling akan diinjak , sehingga putaran dari mesin ke transmisi diputus . Hal ini akan membuat terjadi perbedaan putaran pada komponen – komponen dalam transmisi. Untuk itulah maka synchromesh digunakan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi , yang berguna untuk menyamakan putaran antara clutch hub dan gigi yang dituju. Sehingga perpindahan gigi atau perpindahan percepatan dapat menjadi halus dan tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya.
Topik untuk kali ini adalah fungsi syncromesh pada transmisi. Synchromesh digunakan pada transmisi untuk mobil, jadi artikel ini khususnya hanya membahas transmisi mobil saja. Sejauh pengetahuan saya belum ada sepeda motor yang menggunakan synchromesh pada transmisi dengan alasan keterbatasan tempat, karna transmisi syncronmesh memerlukan lebih banyak komponen dibanding model sliding gear yang banyak dipakai untuk sepeda motor. Sebelum mengetahui fungsi synchromesh , maka pertama kali kita harus mengenal dulu synchromesh.Untuk perhatikan gambar di bawah ini !
Inilah gambar dari synchromesh , bentuknya menyerupai cincin yang terbuat dari bahan kuningan . Synchromesh ini dibuat dari bahan yang lebih lunak dari komponen – komponen transmisi lainnya , sehingga komponen ini dibuat lebih mudah rusak agar tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya. Tujuan pembuatan synchromesh dari kuningan adalah karena harga synchromesh yang jauh lebih murah dibandingkan dengan komponen – komponen transmisi yang lainnya. Sehingga jika terjadi kerusakan atau keausan , maka synchromesh akan lebih mudah rusak dan aus , sehingga pergantian komponennya tidak terlalu mahal.
Synchromesh dipasangkan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi. Jumlah synchromesh tergantung pada jumlah gigi – gigi pada tranmsisi , atau tergantung pada jumlah tingkat percepatannya. Jika transmisi itu memiliki 4 percepatan dan 1 gigi mundur , maka jumlah synchromesh nya adalah 4 buah. Jika transmisi itu memiliki 5 percepatan dan 1 gigi mundur , maka jumlah synchromesh nya ada 5 buah , karena biasanya untuk gigi mundur menggunakan sistem sliding gear yang lumrah dipakai pada sepeda motor.
Fungsi synchromesh adalah untuk memperhalus perpindahan gigi pada transmisi . Cara kerjanya adalah saat pengemudi menggeser tuas transmisi dan memindahkan percepatan mobil nya. Maka tuas transmisi itu akan menggerakkan shift fork pada transmisi , yang akan diteruskan untuk menggerakan clutch hub untuk bergerak ke posisi gigi yang dituju. Misalkan perpindahan gigi ke gigi satu , maka clutch hub akan bergerak menuju gigi 1. Pada saat mesin dihidupkan , maka poros dalam tranmsi dan gigi – gigi dalam transmisi sedang berputar. Dan ketika perpindahan gigi , maka pedal kopling akan diinjak , sehingga putaran dari mesin ke transmisi diputus . Hal ini akan membuat terjadi perbedaan putaran pada komponen – komponen dalam transmisi. Untuk itulah maka synchromesh digunakan di antara clutch hub dan gigi – gigi transmisi , yang berguna untuk menyamakan putaran antara clutch hub dan gigi yang dituju. Sehingga perpindahan gigi atau perpindahan percepatan dapat menjadi halus dan tidak merusak komponen – komponen transmisi yang lainnya.
Label: Klinik Motor, Otomotive
)
Komponen utama
dari tramisi manual adalahsebagai
berikut :
a)
Transmission
input shaft
atau
Poros input
transmisi, yaitu komponen yangmenerima
moment output dari unit kopling.
b)
Transmission gear
atau rodagigi transmisi, yaitu Untuk mengubah
input darimesin menjadi output gaya torsi yang
meninggalkantransmisi sesuai dengan kebutuhan kendaraan.
c)
Synchroniser/synchro-mesh
atau
Gigi penyesuai,
adalah perlengkapan yangmemungkinkan
pemindahan kecepatan pada kondisiputaran yang tinggi.
d)
Gear shift
lever
atau
Tuaspemindah presnelling
dan
Shift
fork
atau
Garpupemindah adalah komponen yang berfungsi untukmengoperasikan
transmisi oleh pengemudi.
e)
Output
shaft
atau
Porosoutput adalah untuk menyalur-kan moment
atautenaga yang
sudah diolah melalui proses reduksi kekomponen
sistem pemindah tenaga selanjutny
Tidak ada komentar:
Posting Komentar